Social Icons

Pages

Selasa, 05 Maret 2013

OTAK KIRI DAN OTAK KANAN


Selain terdiri dari tiga bagian otak, yaitu otak reptil, otak mamalia, dan otak neo cortex, otak manusia terbagi lagi menjadi dua belahan atau hemisfer yaitu hemisfer kiri dan hemisfer kanan. 
Setiap hemisfer mempunyai fungsi yang berbeda tetapi saling mendukung. Hal ini pertama kali ditemukan oleh pemenang hadiah Nobel, Roger Sperry, PhD. Hemisfer kiri dan hemisfer kanan ini dihubungkan dengan Satu jembatan komunikasi yang disebut corpus callosum, yang terdiri dari 100.000.000 (seratus juta) sel otak. Pada umumnya kita diberi tahu bahwa setiap hemisfer atau belahan otak mengatur 5O% dari setiap bagian tubuh. Hemisfer kiri mengatur bagian tubuh sebelah kanan, dan hemisfer kanan mengatur bagian tubuh sebelah kiri. Namun, hasil penelitian Dr. Iacciano menunjukkan bahwa hemisfer kiri ternyata memainkan peran yang lebih besar tanpa melihat posisi tubuh yang diatur.


OTAK KIRI
 Otak ini mempunyai fungsi dan cara belajar yang khusus yaitu: 
  1. Menyukai hal-hal yang berurutan 
  2. Belajar maksimal dan hal-hal yang bersifat detail dulu, baru kemudian ke hal-hal yang bersifat global 
  3. Menyukai sistem membaca yang berdasarkan pada fonetik 
  4. Menyukai kata-kata, simbol, dan huruf 
  5. Menyukai sesuatu yang terstruktur dan dapat diprediksi 
  6. Mengalami lebih banyak fokus internal 
  7. Ingin mengumpulkan informasi yang faktual
OTAK KANAN
Otak ini mempunyai fungsi dan cara belajar yang khusus, yaitu:
  1. Lebih suka dengan hal-hal yang bersifat acak 
  2. Belajar maksimal dan hal-hal yang bensifat global dulu, baru kemudian ke hal-hal yang bersifat detail 
  3. Lebih menyukai sistem membaca yang bersifat menyeluruh (whole language) 
  4. Menyukai gambar dan grafik 
  5. Lebih suka melihat dulu atau mengalami sesuatu 
  6. Ingin mengumpulkan informasi mengenai hubungan di antara berbagai hal 
  7. Lebih menyukai lingkungan belajar yang bersifat spontan dan alamiah 
  8. Mengalami lebih banyak fokus eksternal 
  9. Ingin pendekatan yang bersifat terbuka, baru dan memberikan kejutan-kejutan yang menantang


QUIZ PREFERENSI OTAK KIRI & OTAK KANAN
Kuis di bawah ini berguna untuk mengetahui kecenderungan Anda dalam menggunakan belahan otak (hermisfer) kiri atau kanan. Untuk setiap soal, pilihlah jawaban yang Anda rasa paling menggambarkan diri Anda. Jawablah semua pertanyaan dengan jujur. Tidak ada jawaban yang benar atau salah. Semua jawaban akan digunakan untuk mengetahui preferensi Anda terhadap penggunaan hemisfer otak Anda.
  1. A. Saya lebih suka mengerjakan sesuatu menurut cara  saya    sendiri. B.  Saya lebih suka diberi tahu cara terbaik untuk mengerjakan  sesuatu
  2. A. Saya lebih suka membuat perencanaan sendiri. B. Saya dapat mengikuti perencanaan yang dibuat oleh  siapa saja.  
  3. A. Saya sangat fleksibel dan kadang-kadang sulit ditebak. B. Saya orang yang sangat Stabil dan konsisten. 
  4. A. Saya menyimpan segala sesuatu di tempat yang khusus. B. Tempat saya menyimpan barang tergantung pada apa yang sedang saya kerjakan 
  5. A. Saya mengerjakan suatu pekerjaan dengan menggunakan jadwal yang teratur dan alokasi waktu yang sesuai. B. Saya lebih suka mengerjakan tugas menjelang deadline. 
  6. A. Saya tahu kalau saya benar, karena saya mempunyai alasan yang benar. B. Saya tahu kalau saya benar, walaupun tanpa ada alasan sama sekali 
  7. A. Saya membutuhkan banyak variasi dan perubahan dalam hidup saya. B. Saya suka hidup yang terencana dan teratur dengan baik 
  8. A. Kadang kala saya mempunyai terlalu banyak ide dalam suatu situasi yang baru. B. Kadang kala saya tidak mempunyai ide apa pun dalam suatu situasi yang baru 
  9. A. Saya mengerjakan hal yang mudah lebih dulu dan mengerjakan hal yang penting paling akhir B. Saya mengerjakan hal yang penting lebih dulu, baru kemudian mengerjakan hal yang mudah. 
  10. A. Bila harus membuat suatu keputusan yang besar, saya memutuskan berdasarkan apa yang saya tahu merupakan hal yang benar. B. Bila harus membuat suatu keputusan yang besar, saya memutuskan berdasarkan apa yang saya rasa merupakan hal yang benar 
  11. A. Saya membuat perencanaan waktu dalam mengerjakan sesuatu. B. Saya tidak membuat perencanaan waktu dalam mengerjakan sesuatu. 
  12. A. Saya biasanya mempunyai disiplin  yang baik. B. Saya biasanya bertindak berdasarkari perasaan.
  13. A. Orang lain tidak mengerti cara saya mengatur sesuatu. B. Orang lain berpendapat bahwa saya mampu mengatur sesuatu dengan baik.
  14. A. Saya setuju dengan ide baru sebelum orang lain setuju dengan ide tersebut. B. Saya lebih banyak mempertanyakan ide baru dibandingkan orang lain.
  15. A. Saya lebih banyak berpikir dalam bentuk gambar. B. Saya lebih banyak berpikir dalam bentuk kata-kata.
  16. A. Saya mencoba menemukan satu cara terbaik untuk menyelesaikan suatu masalah. B. Saya mencoba menemukan beberapa cara untuk menyelesaikan suatu masalah.
  17. A. Saya dapat menganalisis apa yang akan terjadi kemudian. B. Saya dapat merasakan apa yang akan terjadi kernudian.
  18. A Saya tidak begitu imajinatif dalam melakukan pekerjaan saya. B. Saya dapat menggunakan imajinasi saya hampir dalam setiap pekerjaan yang saya lakukan.
  19. A. Saya mengerjakan banyak pekerjaan tetapi tidak pernah saya selesaikan.  B. Saya menyelesaikan satu pekerjaan dulu sebelum mengerjakan hal lain.
  20. A. Saya mencoba mencari cara baru untuk mengerjakan pekerjaan rutin. B. Jika satu cara telah berhasil baik saya tidak akan mengubah cara itu.
  21. A. Saya suka mengambil resiko. B. Saya lebih suka tidak mengambil resiko.

BAGI ANDA YANG INGIN MENGETAHUI PREFERENSI OTAK KIRI & OTAK KANAN ANDA, SILAKAN JAWAB SELURUH PERTANYAAN DI ATAS (NO. 1 - 21) PADA KOLOM KOMENTAR, NANTI AKAN SAYA BERIKAN SKORNYA, KEMUDIAN LIHAT HASIL ANALISIS SKORNYA SEPERTI BERIKUT INI :


0-5         : Preferensi yang kuat terhadap hemisfer kiri 
6-8         : Preferensi yang moderat terhadap hermisfer kiri
9-12       : Preferensi hemisfer kiri dan kanan yang seimbang
13-15     : Preferensi yang moderat terhadap hemisfer kanan
16-21     : Preferensi yang kuat terhadap hemisfer kanan
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar